Hukum Puasa Tidak Mandi Wajib

Diposting pada

Hukum Puasa Tidak Mandi Wajib, dan pengertian mandi junub dan bolehkah kita berpuasa dalam keaadaan Jubub serta Apa hukum Puasa Sunnah Dalam Keaadaan Junub.

Kaliamat diatas merupakan Beberapa pertanyaan yang Paling sering ditanyakan kepada orang-orang yang di anggap pandai di bidang ilmu agama khususnya ilmu syareat islam ahlu sunnah wal jamaah, dan juga sering kita dengar pertanyaan itu di pertanyakan kepada ustadz atau ustazah pada saat pengajian.

Hukum Puasa Tidak Mandi Wajib
Hukum Puasa Tidak Mandi Wajib

Dari Banyaknya pertanyaan yang sering kali kita dengar, itu menunjukkan bahwa ilmu Junub atau mandi wajib itu sangatlah penting karena menjadi Dasar Utama Syarat Sahnya Ibadah yang kita jalankan, Seperti Sholat, Puasa, Tawaf dll

Baca juga :Doa Istinja Yang Benar

Pengertian dari mandi wajib

Pengertian Mandi Wajib adalah Mandi Besar Untuk Menghilangkan Najis atau Hadas yang ada pada diri kita, ada penyebutan dari manji besar ini, Ada yang mengatakan Mandi Junub, Ada yang mengatakan Mandi Wajib, Ada yang Mengatakan Mandi Besar.

Pada dasarnya tujuan sama saja, Mandi yang di lakukan dengan Ketentuan-ketentuan dan dengan cara tertentu yang bertujuan untuk membersihkan hadas dan najis pada diri manusia, Soal mandi wajib ini sudah ada hukum dan tata cara tersendiri yang mengatur tentang BAB ini.

Pada Artikel Sebelumnya Pernah Kita bahasa tentang Niat Mandi Wajib Untuk Laki Laki Yang Baik dan Benar, di artikel itu sudah lengkap, mulai dari Tata caranya, Syaratnya, hukumnya, dan lengkap dengan Do’anya serta ketentuan-ketentuan yang berlaku lainnya.

Baca Juga :Tata Cara Mandi Wajib

Bolehkah Puasa dalam keadaan Junub?

Jika anda mendengar ada orang bertanya dengan pertanyaan diatas, apa kira-kira jawaban anda?
jika kita berbicara tentang hukum boleh atau tidaknya Puasa dalam keadaan junub, Maka kita harus punya dasar Hukum yang menjadikan alasan untuk menjawab Pertanyaan diatas. Sama halnya jika kita menanyakan hukum berpuasa dalam keadaan junub ?

Pada dasarnya Melakukan Hubungan Badan pada suami istri yang sah, itu nilainya ibadah, Jadi tidak ada Dosa didalamnya karena itu ibadah. Puasa Juga Nilainya ibadah dan menjadi Rukun Islam yang ketiga (puasa Rhomadon).

Silahkan Baca Cuplikan Gambar Diawah ini Mengenai dasar Di perbolehkannya Puasa Ketika Junub.

Hukum Puasa Tidak Mandi Wajib
Hukum Puasa Tidak Mandi Wajib

Jawaban saya : Boleh, Biasanya orang Junub itu habis melakukan Hubungan Suami istri pada malam hari, tetapi dia tidak langsung mandi sampai fajar, dan dia boleh Berpuasanya. Tetapi harus diingat bahwa Junub disini hanya pada Berhadas besar ketika Melakukan Hubungan Suami Isteri, Bukan Haid, Nifas dan seterusnya.

Tatapi Harusnya anda mandi setelah Masuk Waktu Fajar Karena akan Melaksanakan Sholat Subuh, Karena Syarat Saha sholat harus lah suci dari hadas dan najis.

Baca juga : Pengertian Air Mutlak dan Contohnya

Hukum Puasa Sunnah Dalam Keadaan Junub

Banyak Orang yang suka melaksanakan atau menjalankan Puasa Sunnah, Seperti Puasa Sunnah Senin dan Kamis, Pasa pertegahan bulan, puasa daud, Puasa di waktu kelahiran, Puasa Rojab, Puasa Sakban dan masih banyak lagi Tentang Puasa.

Dilain Kesempatan kita akan bahas tentang Puasa Wajib dan Puasa Sunnah menurut tuntunan ajaran islam ahlu sunnah wal jamaah.

Jika anda melakukan hubungan badan di malam hari padahal besok anda harus melakukan puasa, maka berusahalah untuk mandi junub sebelum Subuh, berikut saya lampirkan dasar hukumnya.

Hukum Puasa Tidak Mandi Wajib
Hukum Puasa Tidak Mandi Wajib

Nah itulah Sekelumit Penjelasan tentang Hukum Puasa Tidak Mandi Wajib, saya berpesan : jadilah pembaca yang cerdas, karena hukum-hukum islam itu sangatlah Rahmatan Lil ‘alamin. Jika penjelasan ini dianggap Masih kurang, maka silahkan Tanyakan kepada Guru Ngaji Anda. Semoga beliau dapat menjawab selengkap-lengkapnya



Related Post
=============