Pengertian Air Mutlak dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian Air Mutlak dan Contohnya akan kita rangkum dalam beberapa aspek dan beberapa suber yang akan kita jadikan rujukan dalam mempelajari tentang air Mutlak.

Pengertian Air Mutlak dan Contohnya

Pengertian Air Mutlak

Air Mutlak adalah air yang suci dan dapat mensucikan, Air ini berfungsi dan menjadi syarat sah atau tidaknya dalam melaksanakan Mandi Wajib, Sebelumnya sudah kita bahas artikel tentang Niat Mandi Wajib Untuk Laki Laki Yang Baik dan Benar silahkan anda pelajari dengan baik.

Air mutlak adalah air yang suci lagi mensuci maksudnya air yang tidak terpengaruh dengan apapun, air bersih yang tidak bercampur dengan unsur apapun seperti najis dan lain sebagainya, dan air ini bisa di gunakan untuk membersihkan hadas dan najis.

Pada dasarnya Unsur air semua sama, tetapi yang membedakan adalah ada air yang bisa gunakan untuk bersuci atau tidak, karena dalam ajaran agama islam banyak macam-macam air yang di hukumkan wajib, sunah, makruh dan bahkan di haramkan.

Baca juga : Niat Mandi Wajib Di Bulan Puasa

Hukum-hukum Air

  1. Air yang Makruhkan ketika berwudhu, Berwudhu dengan air yang terjemur dan terasa Hangat, air ini makruh hukumnya jika di buat untuk berwudhu,
  2. Air yang di sunnahkan bahkan wajib ketika hendak berwudhu, adalah air bersih dengan jumlah banyak lebih dari satu kulaq (Lebih satu kubik) dan tidak bercampur dengan najis didalamnya
  3. Air yang di haramkan, Air yang mengandung najis atau Bercampur alkohol sehingga dapat memabukkan bagi penggunanya,

baca juga : Tata Cara Mandi Wajib

Contoh Air Mutlak

contoh air mutlak adalah air yang dapat di gunakan untuk bersuci baik itu untuk berwudhu atau untuk melakukan mandi wajib.

  • Air Hujan ( air hujan yang di tampung di tempat penampungan)
  • Air laut
  • Air Sungai ( Air yang mengalir di sungai)
  • Air Payau ( Pertemuan antara air laut dan air tawar)
  • air sumur ( boleh dari sumur bor)
  • Air terjun ( dari sumber mata air)
  • Air Lelehan salju
  • Air embun ( di tampung dalam bak penampungan)

Intinya adalah masalah mandi ini adalah masalah kebersihan, jadi pentingnya air bersih yang di gunakan untuk mandi wajib atau pun berwudhu ( Bab Wudhu sudah di bahas sebelumnya di Doa Setelah Wudhu Yang Shahih) guna untuk menjaga Kehati-hatian dalam menjalankan syareat islam.

Tetapi islam itu sendiri Rahmatan Lil ‘alamin sehingga anda dalam keadaan darurot anda boleh menggunakan air yang di anggap bersih untuk berwudhu, Misalkan anda dalam perjalan, sedangkan anda tidak menemukan air kecuali air kemasan, yasudah anda gunakan saja untuk berwudhu, asalkan anda yakin akan kebersihannya.

Atau jika anda tidak menemukan air sama sekali, anda bisa menggunakan debu untuk bertayamum, sehingga intinya islam mengajarkan untuk senantiasa menjaga kebersihan, baik kebersihan fisik mau pun Non Fisik.

Dari Penjelasan diatas tentang Pengertian Air Mutlak dan Contohnya masih ada beberapa yang perlu ketahui dalam mengenal air untuk bersuci, yaitu air musta’mal.

Air Musta’mal

Pengertian Air Mutlak dan Contohnya

Selain Air Mutlak ada juga yang menyebutnya air musta’mal, air musta’mal adalah adalah jenis yang bisa di gunakan untuk bersuci yang baik untuk membersihkan diri baik untuk berwudhu atau mandi wajib (mandi besar) tetapi syaratnya air musta’mal harus mencapai lebih dari 2 qullah, Jika tidak sampai 2 qulla tidak boleh di gunakan untuk mandi wajib, tetapi boleh di gunakan untuk berwudhu.



Related Post
=============