3 Cara Menentukan Datangnya Bulan Ramadhan

Diposting pada

Untuk Menunjukkan Niat Puasa Ramadhan tanda suka cita kita terhadap datangnya bulan ramadhaMenurut Ketentuan Pemerintah di indonesia ada 3 cara menentukan datangnya bulan ramadhan adalah :

  1. Ru’yatul Hilal (melihat hilal dengan mata menggunakan alat).
  2. apabila hilal tidak terlihat, bulan sya’ban digenapkan menjadi 30 hari.
  3. Memperkirakan bulan sabit.

Dan Ketetapan ini Berbeda beda setiap negara sebab memiliki hukum tersendiri dalam Menyikapi dan mengambil keputusan menentukan Hilal Ramadhan

Niat Puasa Ramadhan

Bagi kita yang beragama islam tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya puasa Ramadhan atau niat puasa ramadhan karena perintah Puasa di bulan ini masuk dalam Rukun Islam yang ketiga yaitu berpuasa, Sebagai Umat islam tentu dari Kecil kita sudah di ajarkan dan dilatih untuk berpuasa di bulan ramadhan ini, adapun Niat puasa ramadhan adalah karena allah SWT semata.

Karena Perintah Puasa Ramadhan ini tidak bisa dihitung pahalanya karena hanya allah SWT sajalan yang mengetahui seberapa besar keutamaan puasa di bulan ramadhan ini. Selain Puasa Banyak amal ibadah yang bisa di hitung pahalanya seperti Sholat Fardu, Jika di lakukan secara berjamaah maka di hitung 27 Dorajat keutamaannya. niat puasa ramadhan 

Niat Puasa Ramadhan

Atau sedekah, Jika kita bersedekah 1 maka akan menjadi sebuah pohon yang memili cabang 7 dan memiliki masing masing 7 ranting si setiap cabangnya. Tatapi Khusus Puasa, sangkin Luar Biasanya Keutamaan Puasa ini tidak bisa di hitung, hak Progratif allah saja. karena hanya allah SWT sajalah yang Mengetahui Batal dan Diterimanya puasa si hamba tersebut.

Banyak Sekali Jenis Puasa, Tetapi Secara Garis Besar ada 2 Puasa Wajib dan Puasa Sunnah, Puasa wajib adalah puasa yang di lakukan Pada bulan Ramadhan salah satunya, termasuk juga puasa membayar nazar, hukumnya Wajib dan segala sesuai bentuk ibadah itu tergantung pada niatnya juga termasuk niat puasa ramadhan 

Tetapi Untuk Puasa Sunnah itu ada banyak, puasa rajab, puasa arafah, puasa ayyamul bidh, puasa syawal, puasa tarwiyah,
puasa senin kamis, hari tasyrik, puasa idul adha, puasa muharram, puasa dzulhijjah, puasa daud, dan masih banyak lagi Jenis Puasa Sunnah. Di lain Kesempatan kita akan bahas masalah Puasa-puasa Sunnah.

Baca Juga : Niat Mandi Wajib Di Bulan Puasa

Pengertian Puasa

niat puasa ramadhan – Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa puasa adalah menahan diri dari segala sesuatu hal yang dapat membatalkan puasa seperti, makan-minum, Berhubungan suami istri di siang hari dst. Pada intinya puasa Itu adalah aktivitas menahan diri dari keinginan duniawi, waktunya mulai dari Waktu Fajar atau imsak sampai dengan Waktu magrib

Dalam Ilmu Tasyawuf, Puasa orang khusus termasuk Menghibah, marah, dan Berbohong pun sudah membatalkan puasa, Tetapi bagi kita orang awan. Dengan tidak makan, minum dan kawin sudah termasuk Sah puasanya.

Baca Juga : Hukum Puasa Tidak Mandi Wajib

Keutamaan Bulan Rhomadhan

Bulan Ramadhan adalah bulan suci hanya terjadi satu kali dalam satu tahun, bulan Magfiroh, Bulan Penuh ampunan, di bulan ini semua Doa di dengar dan bulan ini para Setan di penjara, sehingga bulan ini bulan yang penuh rahmat allah, Dan ini menjadi saksi Turunnya kitab suci Al-Qur’an dan turunya lailatul Qodar.

Printah Puasa Ramadhan

Sebagaimana telah diterangkan dan terulis dalam al-qur’an di Surah Al-baqarah : 183

niat puasa ramadhan

Niat puasa ramadhan beserta artinya

Niat ini dibaca ketika mau hendak makan sahur.

Niat Puasa Ramadhan

Do’a Berbuka puasa beserta artinya

Do’a ini dibaca ketika hendak berbuka puasa ketika sudah masuk Waktu sholat magrib.

niat puasa ramadhan

Rukun Puasa

Rukun Puasa Secara Umum ada 2 yaitu:
1. Niat
2. Imsak

Imsak artinya menahan diri dari Makan dan Minum serta hal hal yang dapat membatalkan Puasa.

Hikmah Berpuasa

Setelah niat kita lurus karena allah SWT terkain dengan niat puasa ramadhan  kita maka akan mendapatkan hikmah dari perbuatan atau peribadatan kita itu.

Jika kita bicara Hikmah, Sebenarnya Hikmah berpuasa ada banyak sekali, Misalkan anda sedang sakit, Maka anda bisa melaksakan Puasa untuk meminta pertolongan agar Penyakit anda di anggkat oleh allah SWT,

Salain dapat mengobati penyakit, Sisi lainnya adalah dapat meningkat Kedekatan diri kita kepada sang pencipta, apalagi Bulan Ramadhan, Bulan penuh ampunan, Bulan suci, dimana Bulan Ramadhan lebih baik dari 1000 bulan.

Denga Berpuasa dapat Mendorong diri kita pada Perbuatan Baik, dapat mencegah Maksiat dan dapat Mengontrol Emosi dan senang membaca al-qur’an, dan dapat mempererat silahturahim karena sering ketemu pas tarawihan

Hal-hal yang membatalkan Puasa

Hal-hal yang dapat membatalkan puasa adalah:

  1. Makan dan Minum
  2. Berhubungan Suami Istri di siang Hari
  3. Marah-marah
  4. Berkumur atau menggosok gigi di siang hari ( Sebagian berpendapat magruh)
  5. Muntah
  6. Haid
  7. Nifas
  8. Keluar Mani atau Waadi
  9. Murtad atau keluar dari islam
  10. Gila atau hilang ingatan

Niat membayar puasa ramadhan

Ketika Kita berhalangan untuk menunaikan Rukun Islam yang ke 3 yaitu Berpuasa di bulan Romadhon, maka kita wajib menggantinya, dengan niat mengqodho puasa ramadhan di bulan berikutnya setelah bulan romadhan kecuali bulan-bulan dimana diharamkan untuk berpuasa.

niat mengqodho puasa ramadhan itu biasanya banyak di lakukan oleh Kaum wanita, karena wanita normal mempunyai Tamu bulan yaitu haid jadi mereka tidak melaksakan Printah puasa Ramadhan Sebulan penuh, Tetapi wajib menggantinya dengan cara MengQodho Puasanya di bulan berikutnya.

Mengqodho artinya mengganti satu banding satu, Jika yang tertinggal 5 maka wajib mengganti 5, dan nilainya sama dengan melaksanakan Puasa di bulan ramadhan karena itu kemudahan yang berikan oleh allah Swt Khusus untuk kaum Ibu saja.

Doa mengganti puasa ramadhan

Lapas niat Doa Pengganti Puasa Rhamadhan, dan di baca ketika hendak makan Sahur.

niat puasa ramadhan
Doa mengganti puasa ramadha

Do’a Berbuka puasa Pengganti Ramadhan

Do’a Berbuka puasa Pengganti Ramadhan

Itulah Artikel tentang Niat Puasa Ramadhan, Semoga Allah SWT menerima Semua amal dan perbuatan kita dibulan Suci Ramadhan tahun 2021 ini amin.




Related Post
=============