Motivation Letter

Diposting pada

Saat membaca persyaratan registrasi beasiswa atau kerja, kamu kemungkinan mendapati kata ‘motivation letter’. Walau sebenarnya, awalnya kamu tidak pernah membuat surat itu.

Sesungguhnya, apakah itu motivation letter? Apa berlainan dengan cover letter?

Motivation Letter

Apa Itu Motivation Letter?

Diambil dari Edunation, motivation letter ialah surat yang menerangkan kenapa kamu, sebagai pelamar, bisa menjadi calon yang pas untuk program atau beasiswa yang kamu lamar.

Umumnya, motivation letter jadi persyaratan wajib buat mendaftarkan beasiswa, khususnya beasiswa study di luar negeri. Sering seorang tidak berhasil raih beasiswa karena motivation letter-nya kurang optimal.

Memang, ada beberapa tingkatan dan arsip yang bakal kamu mengumpulkan sebagai persyaratan mendaftarkan beasiswa atau study. Tetapi, motivation letter bisa menjadi ringkasan perjalanan dan prestasimu.

Dengan motivation letter yang memikat, faksi kampus atau perusahaan akan menyaksikan keseriusan dan kelaikanmu untuk terima beasiswa atau pekerjaan.

Baca juga : Kuota Gratis XL Axiata 2021

Karena itu, diperlukan contoh motivation letter supaya kamu mempunyai tutorial yang pasti mengenai langkah membuatnya.

Umumnya, motivation letter berisi catatan prestasi, kwalifikasi, dan argumen kenapa pelamar memiliki hak mendapatkan peluang study, beasiswa, atau pekerjaan itu.

Tetapi, bukan hanya itu. Kamu perlu pahami karakter program atau kampus yang kamu lamar.

Maka kamu dapat sesuaikan isi motivation letter dengan yang diinginkan oleh pembikin program.

Sebagian orang kerap terganti di antara motivation letter dengan individual pernyataan. Ke-2 nya memang sepintas sama. Tetapi, ada banyak ketidaksamaan antara ke-2 nya.

Baca Juga   Banana Live Streaming Apk

Isi motivation letter lebih konsentrasi pada beberapa hal yang memiliki sifat ringkas. Kamu perlu memberikan perolehan, kwalifikasi, dan harapan yang realitas.

Saat itu, individual pernyataan lebih konsentrasi pada beberapa hal yang abstrak, seperti personalitas, tekad, dan opsi.

Baca Juga : Pengertian Air Mutlak dan Contohnya

Struktur Motivation Letter

Seperti sebuah surat, ada susunan tertentu yang penting kamu lihat saat membuat motivation letter. Susunan ini berlaku pada contoh motivation letter yang bakal Saya Akan berikan.

Berikut susunan khusus motivation letter.

1. Pembuka

Hal pertama kali yang perlu kamu tulis dalam motivation letter ialah pembuka.

Semenjak jaman dulu, kamu kemungkinan kerap membaca tulisan yang dengan diawali, “Pada ini hari, saya …” Atau kamu barangkali sempat membaca novel yang dengan diawali, “Matahari mulai tenggelam dan burung berkicauan.”

Beberapa kalimat seperti itu tidak dapat kamu masukan dalam motivation letter. Kenapa?

Pikirkan, ada berapakah beberapa orang yang melamar beasiswa atau program yang serupa denganmu? Pasti banyak, kan?

Karena itu, janganlah sampai kampus stop membaca motivation letter-mu karena paragraf pembuka yang tidak menarik.

Jauhi buka motivation letter dengan beberapa kalimat yang mainstream dan terlampau umum.

Menurut European Higher Education Fair, untuk program beasiswa, kamu dapat membuat paragraf pembuka motivation letter dengan background dan kekurangan sektor yang kamu bidik di Indonesia.

Sebagai contoh, kamu akan mendaftarkan beasiswa S2 Kedokteran di luar negeri. Kamu dapat menerangkan keadaan dunia kedokteran di Indonesia sekarang ini.Isi

2. isi

Isi sebagai daging atau sisi paling penting dalam motivation letter. Diperbandingkan pembuka dan penutup, sudah pasti isi agar lebih panjang sekalian padat.

Baca Juga   Daftar Kartu Prakerja

Tulislah bermacam hal yang ingin kamu berikan dengan detail. Tetapi, tidak boleh mengulang-ulang apa yang sudah kamu tulis dalam curriculum vitae (CV).

Minimal ada tiga hal khusus yang penting kamu catat pada bagian isi, yaitu pengalaman, motivasi, dan arahmu.

Di bagian pengalaman, kamu dapat menerangkan apa yang pernah kamu kerjakan dan raih berkaitan sektor yang kamu lamar. Kamu bisa juga menambah bermacam prestasi yang berkaitan.

Seterusnya, tulis motivasi atau alasanmu mendaftarkan program itu. Berikan argumen yang kuat dan detil.

Selanjutnya, beritahu pemberi program mengenai arah yang ingin kamu capai. Sepertikan arah ini dengan rumor yang terjadi dan karakter pemberi program itu.

3. Penutup

Saat sebelum masuk di contoh motivation letter, kamu harus pahami apa yang penting kamu catat di bagian penutup.

Di bagian pembuka dan isi, kamu sudah menerangkan segalanya mengenai diri kamu dan arahmu melamar. Pekerjaan setelah itu memberikan keyakinan pemberi program jika kamu ialah orang yang tepat.

Sisi ini dikatakan sebagai closing pernyataan. Berikan kembali point paling kuatmu dan kenapa kampus harus pilihmu.

Tulislah dengan singkat, terang, dan tegas untuk memperlihatkan keyakinan diri kamu.

Tips Membuat Motivation Letter

Saat sebelum masuk di sisi contoh motivation letter, Saya akan memberi beberapa panduan untuk membuat.

Dengan demikian, kamu dapat membuat motivation letter secara baik dan memperoleh hasil yang terbaik juga.

1. Konsentrasi

Kamu kemungkinan ingin tuliskan beberapa hal dalam motivation letter. Tetapi, kamu perlu ingat jika ada batasan jumlah kata yang dapat kamu pakai.

Kamu tidak dapat tuliskan beberapa hal sekalian dalam motivation letter-mu.

Baca Juga   Gb Whatsapp Transparan

Karena itu, konsentrasilah pada point utama yang ingin kamu berikan. Misalkan, kamu dapat konsentrasi pada satu rumor yang berkembang di bagian yang kamu lamar.

2. Ketahui perusahaan atau kampus yang dilamar

Motivation letter bukan hanya berisi mengenai diri kamu. Kamu malah harus menghubungkan diri kamu dengan perusahaan atau kampus yang kamu lamar.

Ketahui mereka secara baik. Kenali bagaimana karakter dan misi visi yang mereka bangun.

Dengan begitu, kamu dapat semakin gampang cari jalinan di antara diri kamu sama mereka.

3. Don’t tell, but show

Istilah ‘don’t tell, but show’ menerangkan jika kamu tidak dapat cuman sampaikan suatu hal tanpa memperlihatkan bukti kenyataannya.

Berikan beberapa hal yang nyata hingga perusahaan atau kampus dapat betul-betul menghitungmu.

Sebagai contoh, jauhi menjelaskan, “Saya telah sukses pada program sarjana lalu.” Tetapi, berikan apa beberapa hal yang membuat kamu disebutkan sukses.

“Saya sukses menyamakan dunia akademik dan nonakademis saya sepanjang program sarjana. Saya mendapatkan IPK tinggi sekalian aktif dalam bermacam organisasi.”

4. Baca lagi

Sesudah menuntaskan motivation letter, baca lagi apa yang sudah kamu catat dengan cermat. Dengan membaca ulang, kamu dapat mengetahui sisi mana yang dapat diperbarui.

Tetapi, membaca sendiri saja masih kurang. Kamu dapat minta bantuan keluarga, teman dekat, dan familimu untuk membaca motivation letter-mu dan memberi saran.

Contoh dalam Bahasa Indonesia

Berikut Contoh Motivation Letter dalam bahasa indonesia, Untuk memudahkan anda dalam membuatnya

Motivation Letter

Semoga artikel Motivation Letter ini dapat membantu anda dalam membuat lamaran kerja dst semoga artikel ini bermanfaat.



Related Post
=============